Mau'idhoh

Dari 'Abdulloh bin 'Abbas rodliyallohu 'anhumaa, bahwasanya Rosululloh Shollallohu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa sallam bersabda,

"Jagalah Alloh, Alloh akan menjagamu. Jagalah Alloh, engkau akan mendapatkan-Nya di hadapanmu.

Jika engkau meminta, memintalah kepada Alloh. Dan jika engkau memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Alloh.

Ketahuilah, jika seluruh umat bersatu untuk memberikan manfaat kepadamu, niscaya mereka tidak akan bisa melakukannya kecuali dengan apa yang telah Alloh taqdirkan bagimu. Dan jika seluruh umat bersatu untuk memberikan mudhorot kepadamu, niscaya mereka tidak akan bisa melakukannya kecuali dengan apa yang telah Alloh taqdirkan atasmu. Pena telah diangkat dan catatan telah kerin
g."

(HR. Tirmidzi, dia berkata "Hadits hasan shohih")

26 Maret 2011

FILE 213 : HOAX Asal Usul April Mop

Bismillahirrohmanirrohim
Walhamdulillah, wash-sholaatu wassalamu 'ala Rosulillah Shollallohu 'alaihi wa 'ala alihi wa sallam
Wa ba'du
….

Menjelang bulan April, biasanya kita sering mendengar istilah April Mop. Untuk sedikit mengenal pandangan syar'i seputar tradisi April Mop ini, bisa dilihat di FILE 104. Beberapa versi asal usul tradisi yang tidak baik ini bisa dilihat di sini. Namun akhir-akhir ini di internet sering kita jumpai kisah seputar asal-usul tradisi April Mop yang dikait-kaitkan  dengan kejatuhan generasi Muslim di Andalusia (Spanyol). Artikel tersebut antara lain bisa dibaca di sini dan di sana.

Masalahnya, benarkah kisah tersebut ??

Pertanyaan serupa pernah ditanyakan kepada Ust. Yusuf Estes (Muballigh di USA, mantan penginjil di Ohio, USA. Lihat perjalanan hidayah beliau di FILE 95). Berikut penjelasan beliau yang saya terjemahkan secara bebas:

---00OO00--


Munculnya Stigma bahwa Muslim itu Mudah Dibodohi


Sekarang mengenai cerita tidak benar yang beredar di kalangan kaum Muslimin di Internet yang menyatakan bahwa kebiasaan April Mop (April Fool’s Day) adalah perayaan kaum kafir atas penaklukan Muslim Spanyol.

Saya merasa perlu mengklarifikasikan beberapa poin untuk tujuan kebenaran, insya Allah.

Bismillah Al Hamdulilah
wash Shalatu was Salam ala rasulillah. Allahu Alam.

Dengan Nama Allah, aku memuji Allah dan meminta Sholawat-Nya atas Muhammad, Amin.

Allah adalah Dzat Yang Maha Mengetahui.

Selanjutnya,

Sekali lagi umat Islam menghadapi sebuah “rekayasa” di Internet yang mencoba mengklaim suatu permasalahan -yang bisa dengan mudah dibuktikan kesalahannya- yang dilakukan oleh orang Kristen dan Non-Muslim lainnya, yang dengan gembira menyaksikan kita (kaum Muslim) mengambil bagian dalam kebiasaan Everyday Fools.

Kisah yang terbaru menyatakan bahwa orang Kristen tidak bisa menaklukkan kaum Muslim di sana (Spanyol) sehingga mereka mengirimkan mata-mata untuk menemukan alasannya. Menurut cerita, mereka menemukan bahwa kaum Muslim memiliki sifat 'Taqwa' (rasa takut kepada Allah). Selanjutnya cerita tersebut menyatakan bahwa orang-orang Kristen mengirim alkohol dan rokok yang digunakan oleh kaum Muslim dan akhirnya mereka kehilangan 'Taqwa'-nya. Kemudian orang-orang Kristen mengalahkan kaum muslimin pada hari pertama di bulan April dan mulai merayakan 'April Mop' sejak saat itu.

Cerita ini tidak benar dalam banyak aspek.

1) Pertama, Mari kita mempertimbangkan fakta sejarah
bahwasanya sampai dengan berakhirnya masa sejarah Islam di Spanyol pada tanggal 12 Januari 1492, tradisi April Mop belum pernah terdengar sama sekali sampai lebih dari lima puluh tahun kemudian.

Dulu pada abad ke-16 di Prancis, orang merayakan Hari Tahun Baru pada tanggal 25 Maret, bersamaan dengan datangnya musim semi. Periode tersebut adalah saat-saat yang meriah. Mereka berpesta terus sampai tanggal 1 April.

Selanjutnya pada tahun 1564, ketika kalender direformasi dan menjadi Gregorian, di bawah pengaruh Paus Gregory, Raja Charles IX memproklamirkan bahwa Hari Tahun Baru harus dirayakan pada tanggal 1 Januari bukan pada musim semi. Kalangan konservatif menolak perubahan tersebut dan tetap merayakan Tahun Baru dari 25 Maret - 1 April. Selama periode pesta musim semi ini, kalangan orang Prancis yang lebih dinamis mengejek kalangan yang “kaku dengan mengirimi mereka hadiah konyol dan undangan pesta yang sebenarnya tidak ada (palsu).

Korban dari April Mop (April Fool’s Day) disebut "poisson d'avril" atau "ikan bulan April," karena pada waktu itu, matahari bergerak meninggalkan rasi bintang Pisces.

April Mop melanjutkan pamornya di Inggris pada abad ke-18, dan dibawa ke koloni Amerika oleh Inggris, Skotlandia, dan Perancis.

2) Kedua, Kita harus tahu bahwa rokok bahkan
belum ditemukan sampai SETELAH saat jatuhnya Muslim Spanyol (Januari 1492). Berdasarkan the State College di Framingham, dalam mata kuliah Human Biology oleh Dr. Roger Morrissette, Ph.D., dinyatakan bahwa kebiasaan merokok apapun tidak ada di Spanyol hingga sesudah kebiasaan tersebut dibawa kembali dari New World (yakni benua Amerika) SETELAH Raja Ferdinand dan Ratu Isabella mulai memerintah Spanyol.

Hal ini dapat dilihat dari situs web mereka:

Pengantar Biologi Manusia (Framingham State College)
Roger N. Morrissette, Ph.D.

I. Sejarah Merokok
900: merokok disebut pada relief batu Suku Maya.
1492: Columbus mencatat bahwa penduduk asli New World (Benua Amerika) merokok dengan daun-daunan.
1550: Spanyol memulai budidaya tembakau di Hindia Barat untuk diekspor ke Eropa.
1880: Penggunaan tembakau mulai meluas, tetapi orang hanya menggunakanya dalam
jumlah kecil.

3) Ketiga, kondisi Muslim Spanyol mulai memburuk saat Ibnu Sina dan selainnya mulai menggunakan logika (akal) mereka menggantikan Wahyu Ilahi dari Allah. Beberapa dari mereka ada yang sangat tertarik dengan filsafat Yunani dan Romawi serta berbagai konsep mereka, dan mulai mencoba untuk 'memikirkan kembali' Islam sama seperti yang dilakukan beberapa 'reformis' pada saat ini.

Adalah benar bahwa setelah masa ini, Muslim Spanyol mulai terbagi menjadi beberapa kerajaan kecil dan berperang satu sama lain demi kekuasaan dan emas. Mereka mempekerjakan tentara bayaran dari kalangan orang Kristen serta saling membunuh dan menghancurkan satu sama lain selama beberapa tahun.

Ketika orang-orang Kristen datang melawan mereka pertama kali, mereka meminta bantuan kepada penguasa Maghrib (Maroko) di Laut Mediterania yang akhirnya mengirimkan pasukannya untuk memadamkan serangan. Ia kemudian menetapkan bahwa umat Islam (di Spanyol) harus berhenti berperang satu sama lain dan kembali ke sistem pemerintahan Islam di bawah satu pemimpin. Namun mereka (kaum Muslim Spanyol) tidak melakukannya.

Ketika Muslim Spanyol kembali mulai berperang satu sama lain, orang-orang Kristen datang dengan kekuatan yang sangat besar untuk menyerang mereka. Kali ini penguasa Maroko menolak untuk membantu mereka. Akhirnya Muslim Spanyol kalah perang setelah pertempuran melawan orang-orang Kristen Romawi dan akhirnya benteng terakhir Islam jatuh ke tangan Raja Kristen, Ferdinand, pada Januari 1492.

Jadi mengenai email yang mengaku bahwa April Mop (April Fools Day) adalah perayaan atas pengambilalihan Spanyol dari Muslim, jelas semuanya bohong. Pernyataan tersebut benar-benar tidak dapat diterima dan harus dikembalikan kepada orang pertama yang mengirimkan kebohongan ini. Seorang Muslim yang baik tidak akan pernah bersedia mengulangi kebohongan dan rekayasa, terutama dalam menyajikan fakta-fakta tentang sejarah Islam.

Jika
anda telah menerima surat semacam itu, maka adalah tugas anda di hadapan Allah untuk menuliskan kembali kepada mereka yang juga menerima surat tersebut dan meminta mereka untuk menghubungi semua orang di daftar mereka, untuk selanjutnya mengirim email kebenaran tentang masalah ini. Dan kita semua harus takut pada suatu hari ketika kita akan berdiri di hadapan Allah dan ditanya tentang hal ini.

Jika kita tidak melakukan sesuatu
untuk mengoreksi pemikiran saudara dan saudari kita yang tercinta dalam Islam, maka setiap harinya di internet adalah HARI PEMBODOHAN MUSLIM.

Sekali lagi, hanya Allah yang memiliki Semua Pengetahuan.
Semoga Dia mengampuni kesalahan saya dan membimbing kita semua ke jalan yang benar. 

Amin.
---00OO00--

Sumber: diterjemahkan secara bebas dari themodernreligion.com

Subhanakallaahumma wa bihamdihi,
Asyhadu an laa ilaaha illa anta, wa astaghfiruka wa atuubu ilaika
Wa akhiru da'wana, walhamdulillahirobbil 'alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi antum yang ingin memberikan komentar, harap tidak menyertakan gambar/foto makhluk hidup. Bila tetap menyertakan, posting komentar tidak akan saya tampilkan. Syukron !