Bismillaahirrohmaanirrohiim
Walhamdulillaah,
Walhamdulillaah,
wash-sholaatu wassalamu 'ala Rosulillaah Muhammad Shollalloohu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa shahbihi wa sallam
Wa ba'du
.....
Wa ba'du
.....
.
Koreksi Pemahaman Terhadap Hadits
Tentang Umur Umat Islam
Disusun oleh:
Ust. DR. Sufyan bin Fuad Baswedan, MA, حفظه الله تعالى
Disusun oleh:
Ust. DR. Sufyan bin Fuad Baswedan, MA, حفظه الله تعالى
Dalam Shahih–nya, Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari
Abdullah bin Umar radhiyallahu ’anhumaa. Terjemahan bebas hadits ini ialah:
“Perumpamaan eksistensi kalian (umat Islam) dibanding umat-umat sebelum kalian ialah seperti waktu antara salat asar hingga tenggelam matahari.
Ahli Taurat (Yahudi) diberi kitab Taurat, lalu beramal sehingga tatkala mencapai tengah hari (zuhur) mereka tak sanggup lagi beramal, lalu diberi pahala seqirat-seqirat.
Kemudian ahli Injil (Nasrani) diberi Injil, lalu beramal hingga masuk waktu salat asar, lalu tidak sanggup melanjutkan, lalu diberi pahala seqirat-seqirat.
Kemudian kita diberi Al–Qur’an, dan kita beramal (dari asar) hingga tenggelam matahari, dan kita diberi pahala dua qirat-dua qirat.
Maka, kedua ahli kitab (Yahudi dan Nasrani) bertanya, ‘Wahai Rabb kami, (mengapa) Engkau beri mereka (muslimin) pahala dua qirat, dan kami (hanya) satu qirat, padahal kami lebih banyak amalnya?’ ‘Apakah Aku mengurangi pahala (yang kujanjikan) bagi kalian?’ tanya Allah. ‘Tidak,’ jawab mereka. ‘Itulah keutamaan yang Kuberikan kepada siapa yang Kukehendaki,’ jawab Allah”
Dalam hadits lainnya, Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Musa
Al–Asy’ari, bahwa Nabi shallallaahu ’alaihi wa sallam bersabda yang
artinya:
“Perumpamaan kaum muslimin, Yahudi, dan Nasrani ialah seperti seseorang yang menyewa suatu kaum agar bekerja hingga malam. Maka kaum tersebut bekerja hingga tengah hari dan mengatakan, ‘Kami tak butuh kepada upahmu.’
Lalu, orang tersebut mengupah kaum lainnya dan berkata, ‘Lanjutkanlah waktu yang tersisa dari hari ini dan kalian akan mendapat upah yang kusyaratkan.’ Maka, mereka pun bekerja hingga tiba waktu salat asar dan berkata, ‘Jerih payah kami untukmu (tidak minta upah).’
Kemudian, orang tersebut menyewa kaum lainnya dan kaum tersebut bekerja mengisi sisa waktu hari itu hingga tenggelam matahari dan mereka mendapat upah sebanyak upah kedua kaum sebelumnya.”
(Artinya, walau tempo kerja mereka paling singkat, namun upahnya setara
dengan upah yang disyaratkan bagi kedua kaum sebelum mereka, yang
bekerja dari pagi hingga sore.)
Dalam syarah-nya yang berjudul Fathul Baari (jilid 4 hal 566 cet.
Daarul Kutub Al–Ilmiyyah), Ibnu Hajar mengatakan sebagai berikut yang
artinya: “Hadits ini dijadikan dalil bahwa eksistensi umat
ini mencapai lebih dari seribu tahun, sebab konsekuensi dari hadits ini
ialah bahwa eksistensi Yahudi setara dengan gabungan eksistensi (umur)
Nasrani dan muslimin. Sedangkan ahli sejarah telah sepakat bahwa
tenggang waktu yang dilalui umat Yahudi hingga diutusnya Nabi adalah
lebih dari 2000 tahun, sedangkan tempo yang dilalui Nasrani hingga
diutusnya Nabi adalah 600 tahun, dan ada pula yang mengatakan kurang
dari itu, sehingga tempo yang akan dilalui kaum muslimin pasti lebih
dari seribu tahun.”
(Ini berarti bahwa Ibnu Hajar sekadar menukil pendapat sebagian kalangan dalam menafsirkan hadits tersebut tanpa menyebut siapa orang yang berpendapat. Dengan kata lain, ini pendapat yang bersumber dari orang misterius yang agaknya bukan tergolong ulama panutan. Andai saja orangnya tergolong ulama panutan, pastilah namanya layak untuk disebutkan. Jadi, Ibnu Hajar sendiri sama sekali tidak bisa dianggap menyetujui pendapat tersebut karena beliau sendiri menukilnya dengan shighat mabni lil majhul, yang identik dengan shighat tamridh, dan shighat tamridh mengesankan lemahnya pendapat yang dinukil.)
Ibnu Hajar juga mengatakan sebelumnya sebagai berikut: “Hadits
ini juga mengandung isyarat akan singkatnya umur dunia yang tersisa.
Jadi, kalkulasi umur umat Islam sama dengan umur Yahudi dikurangi umur
Nasrani, alias 2000 lebih sedikit dikurangi 600 tahun, yakni 1400 tahun
lebih sedikit.”
Sementara itu, As–Suyuti dalam kitab (الكشف عن مجاوزة هذه الأمة الألف) mengatakan: “Berdasarkan
sejumlah riwayat (atsar), umur umat ini (islam) adalah lebih dari
seribu tahun, namun lebihnya tidak mungkin lebih dari 500 tahun (al
Kasyf hal 206). Artinya, maksimal umur umat ini adalah 1500 tahun.”
Dari kedua pendapat inilah lantas disimpulkan bahwa umur umat Islam
berkisar antara 1400-1500 tahun, sedangkan kita saat ini berada pada
tahun 1437 H.
Sebagaimana dimaklumi, bila ditambahkan 13 tahun (periode prahijrah
sejak masa kenabian Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam), berarti
umur umat Islam saat ini adalah 1450 tahun. Artinya, tempo yang tersisa
sehingga umat ini punah ialah 50 tahun saja. Dan bila kita tinjau dari
hadits shahih tentang turunnya Isa Al-Masih di akhir zaman menjelang
kiamat, kita dapatkan bahwa Isa Al-Masih akan hidup selama 40 tahun di
bumi sebelum akhirnya wafat dan disalatkan oleh kaum Muslimin
(berdasarkan H.R. Abu Dawud, di-shahih-kan oleh Al-Albani).
“Artinya,
turunnya Isa Al-Masih tinggal kurang dari 10 tahun lagi dari sekarang!
Dan turunnya Isa Al-Masih merupakan salah satu tanda besar hari kiamat!”
Demikianlah menurut pendapat yang meyakini kalkulasi tersebut.
Koreksi Atas Kalkulasi Di Atas
Perlu diketahui, bahwa kedua hadits dalam Shahih Bukhari di atas, bukanlah dalam konteks menjelaskan umur umat Islam, melainkan sekadar membuat perumpamaan.
Hal ini dijelaskan oleh Ibnu Rajab Al-Hanbali (wafat 795 H): “Hadits
ini disampaikan oleh Nabi shallallaahu ’alaihi wa sallam sekedar sebagai
perumpamaan, dan perumpamaan itu cenderung bersifat longgar.” (Fathul Baari 4/341)
Sementara itu, Imamul Haramain (wafat 478 H) mengatakan: “Hukum-hukum agama tidak boleh diambil dari hadits-hadits yang disampaikan dalam bentuk perumpamaan.” (Fathul Baari 2/50).
Jadi, sabda Nabi shallallaahu ’alaihi wa sallam bahwa, “Perumpamaan eksistensi kalian (umat Islam) dibanding umat-umat sebelum kalian…”
jelas dalam rangka membuat perumpamaan karena menggunakan harf tasybih
(“kaaf”). Ini bisa dilihat kembali dalam lanjutan hadits tersebut (كما
بين صلاة العصر إلى غروب الشمس) yang diterjemahkan sebagai “seperti waktu antara salat asar hingga tenggelam matahari”.
Perhatikan satu contoh, ketika dikatakan (كاألسد)زيد) “Zaid seperti singa”,
artinya bukan berarti sama persis seperti singa, melainkan ada salah
satu sifat khas singa yang dimiliki Zaid, yaitu pemberani. Dan berdasar
kaidah dalam metode penyerupaan, yang diserupakan tidak harus sama
dengan contohnya, kata benda yang terletak sebelum kata “seperti” tidak
harus sama persis dengan yang terletak setelahnya. Ibnu Hajar
mengatakan, “Penyerupaan dan permisalan tidak harus berarti menyamakan
dari semua sisi” (Fathul Baari, 2/50).
Dengan demikian, ketika Nabi menyerupakan eksistensi kita dibanding
umat-umat sebelumnya ialah seperti tempo antara masuknya waktu asar
hingga terbenam matahari, maka ini sekedar permisalan dengan maksud mubaalaghah
(majas hiperbola) dalam menjelaskan dekatnya terjadinya hari kiamat.
Dan hal ini bukan berarti bahwa eksistensi umat akan sesingkat itu. Dari
sini, jelaslah bahwa Nabi tidak sedang menjelaskan umur umat Islam
dalam hadits tersebut, sebagaimana yang dipahami oleh sebagian kalangan.
Dan sanggahan pertama atas syubhat ini ialah bahwa yang disebutkan
dalam hadits itu sekadar perumpamaan yang bersifat longgar dan tidak
bisa menjadi sumber hukum (hujjah) dalam masalah fikih. Hal ini
sebagaimana yang dijelaskan oleh sejumlah ulama seperti Imamul Haramain,
Ibnu Rajab dan Ibnu Hajar.
Oleh karenanya, dalam syarahnya Ibnu Hajar mengatakan, “Mereka
yang lebih banyak amalnya (Yahudi dan Nasrani) tidak harus berarti
lebih lama eksistensinya karena ada kemungkinan bahwa beramal di masa
mereka lebih berat sehingga pahalanya otomatis lebih besar. Hal ini
dikuatkan oleh firman Allah yang artinya, ‘Wahai Rabb kami, janganlah
Kau bebankan kepada kami beban yang berat, sebagaimana yang telah Kau
bebankan kepada orang-orang sebelum kami’.”
Alasan lain yang menguatkan bahwa yang dimaksud oleh
hadits ini ialah sebatas banyak sedikitnya amal tanpa dikaitkan dengan
panjang pendeknya tempo masing-masing umat adalah bahwa mayoritas ahli
sejarah menyebutkan selang waktu antara Nabi Isa ‘alaihis salaam dengan
Nabi kita shallallaahu ’alaihi wa sallam adalah 600 tahun, dan ini
merupakan pendapat Salman Al Farisi yang diriwayatkan dalam Shahih
Bukhari.
Meski demikian, ada pula yang berpendapat bahwa temponya
kurang dari itu, sampai-sampai ada yang mengatakan bahwa selang waktunya
hanya 125 tahun!
Padahal, kita menyaksikan bahwa selang waktu yang telah
dilalui oleh umat Islam sejauh ini adalah lebih dari 600 tahun (Dengan
mengingat bahwa Ibnu Hajar hidup antara tahun 773-852 H, yang berarti
bahwa ketika beliau menuliskan kata-kata tersebut, umat Islam telah
berumur lebih dari 800 tahun sejak diutusnya Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam.).
Dengan demikain, bila kita berpegang pada pendapat bahwa
yang dimaksud adalah perumpamaan panjang pendeknya tempo masing-masing
umat (alias bukan banyak sedikitnya amal mereka), maka konsekuensinya
waktu asar harus lebih panjang daripada waktu zuhur, padahal tidak ada
seorang alim pun yang berpendapat demikian. Ini berarti bahwa yang
dimaksud lewat perumpamaan tersebut sebenarnya ialah banyak-sedikitnya
amalan. Wallaahu Ta’ala a’lam. (Fathul Baari, Ibnu Hajar, 2/50-51, cet. Daarul Kutub Al-Ilmiyyah).
Ibnu Rojab mengatakan, “Menentukan sisa waktu (umur)
dunia dengan bersandar kepada hadits-hadits seperti ini adalah sesuatu
yang tidak dibenarkan karena hanya Allah-lah yang mengetahui kapan
terjadinya kiamat, dan tidak seorang pun yang diberitahu tentang
waktunya. Oleh karenanya, Nabi ketika ditanya tentang kapan terjadinya
kiamat telah menjawab, ‘Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada
yang bertanya’.” Jadi, maksud dari perumpamaan Nabi dalam hadits ini
ialah sekedar mendekatkan waktu terjadinya hari kiamat, tanpa menentukan
waktunya.” (Fathul Baari, Ibnu Rajab, 4/338).
Selain itu, bila kita perhatikan dalam hadits-hadits di atas, Nabi shallallaahu ’alaihi wa sallam menyebutkan dua hal,
Pertama: perumpamaan antara ajal (umur) umat Islam
dibanding ajal umat-umat sebelum kita. Dan ini berarti meliputi seluruh
manusia sejak zaman Adam ‘alaihis salam hingga diutusnya Rasulullah
shallallaahu ’alaihi wa sallam, alias tidak terbatas pada kaum Yahudi dan
Nasrani saja.
Kedua: perumpamaan antara balasan amal umat Islam
dengan balasan amal dua umat besar sebelum kita, yaitu Yahudi dan
Nasrani.
Kesimpulannya, menghitung umur umat Islam dengan cara yang
telah disebutkan (umur Yahudi minus umur Nasrani) adalah keliru karena
mestinya yang jadi acuan adalah umur semua umat, yang dibandingkan
dengan umat Islam. Dan umur semua umat zahir-nya seperti panjangnya waktu
antara terbit fajar hingga waktu asar, sedangkan umur umat islam
sesingkat waktu antara asar hingga magrib. Berhubung kita tidak tahu
berapa lama usia umat-umat terdahulu, maka mustahil kita bisa
memprediksi umur umat Islam.
Jadi, perbandingan antara umat Islam dengan ahli kitab, bukan dalam
hal panjang-pendeknya umur masing-masing, melainkan dalam hal banyak
sedikitnya pahala yang didapat oleh masing-masing lewat amalnya. Ini
dikarenakan saat berbicara tentang umat Islam dengan ahli kitab,
Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam tidak menyebutkan “ajal” atau
“eksistensi”, tetapi menggunakan istilah “orang yang diberi kitab lalu
mengamalkannya hingga waktu tertentu”, atau dengan istilah “orang yang
mempekerjakan suatu kaum”, dan sejenisnya, sehingga tidak bisa menjadi
acuan untuk menghitung umur masing-masing umat.
Dari sini, ketika disebut dalam hadits bahwa orang-orang Yahudi
beramal hingga tengah hari, tidak berarti mereka beramal sejak terbit
fajar karena sebelum mereka ada sejumlah umat yang berumur ribuan tahun
telah mendahului mereka dalam amal, dan Rasulullah shallallaahu ’alaihi
wa sallam tidak menyebutkan sejak kapan Yahudi mulai beramal. Namun,
hanya dijelaskan bahwa mereka beramal hingga masuk waktu zuhur. Oleh
karenanya, tidak bisa dijadikan acuan untuk menghitung berapa umur
nisbah umur mereka dibanding umur Nasrani dan umat Islam.
Di samping itu, hadits perbandingan umur kita dengan umur-umur umat
sebelum kita, bisa dipahami dari sisi lain, yaitu bahwa umur rata-rata
individu umat Islam adalah jauh lebih singkat dibanding umur rata-rata
individu umat-umat sebelumnya. Sebagaimana singkatnya waktu asar
dibanding waktu siang secara keseluruhan. Jika kita anggap waktu asar
sekitar 3 jam, sedangkan waktu siang adalah 12 jam, berarti rata-rata
umur individu umat Islam adalah seperempat umur individu umat
sebelumnya, namun umat Islam diberi pahala yang lebih besar. Pemahaman
ini justru lebih sesuai dengan maksud hadits yang ingin menonjolkan
besarnya karunia Allah atas umat Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam, yakni walau usianya lebih
pendek dan amalnya relatif lebih sedikit, tetapi pahala yang diterimanya
lebih banyak.
Dalam tulisan diatas telah dijelaskan beberapa poin sanggahan atas
pendapat yang mengatakan bahwa umur umat Islam adalah 1400-1500 tahun,
dan masih tersisa satu pendapat lagi yang belum disanggah, yaitu
pendapat As-Suyuti rahimahullah.
Setelah merujuk ke kitab As Suyuti, ternyata atsar-atsar yang menjadi pijakan As-Suyuti hingga mengatakan bahwa Allah menangguhkan umat Islam sampai lebih dari 1000 tahun, dan lebihnya tidak akan lebih dari 500 tahun (alias maksimal umur umat ini adalah 1500 tahun), semuanya adalah atsar-atsar yang tergolong dha’if. Sementara atsar sahabat yang sahih dalam bab ini, menurut para ulama sumbernya adalah dari ahli kitab. Kesimpulannya, semua atsar ini tidak bisa jadi pijakan dalam masalah yang sangat vital seperti ini.
Oleh karenanya, pendapat As-Suyuti tersebut dibantah oleh As-Shan’ani
dalam risalahnya yang berjudul كم الباقي من عمر الدنيا؟ (Berapa Sisa
Umur Dunia?). As-Shan’ani menyebutkan atsar-atsar yang menjadi pijakan
As-Suyuti, yaitu:
1. Atsar Abdullah bin Amru bin Ash yang berbunyi:
يبقى الناس بعد طلوع الشمس من مغرهبا مائة وعشرين سنة
“Setelah matahari terbit dari Barat, manusia akan tetap eksis selama 120 tahun“.
2. Bahwasanya Isa Al-Masih akan tetap hidup selama 40 tahun setelah membunuh Dajjal.
3. Kemudian setelah itu Isa akan menggantikan kepemimpinan seorang lelaki dari Bani Tamim selama 3 tahun.
4. Dan bahwasanya manusia akan tetap hidup 100 tahun setelah Allah mengirim angin baik yang mencabut ruh setiap mukmin, akan tetapi mereka yang masih hidup tersebut tidak mengenal agama apa pun.
Setelah menyebutkan atsar-atsar tadi, As-Shan’ani lantas berkata:
فهذه مئتان وثلاث وستون سنة، ونحن الآن في قرن الثاني عشر، ويضاف إليه
مئتان وثلاث وستون سنة، فيكون الجميع أربعة عشر مئاة وثلاث وستون، وعلى
قوله إنه لا يبلغ خمسمئة سنة بعد الألف، يكون منتهى بقاء الأمة بعد الألف:
أربعمئة وثلاث وستين سنة، يتخرج منه أن خروج الدجال –أعاذنا الله من فتنته–
قبل انخرام هذه المئة التي نحن فيها
“Berarti, total temponya ialah 263 tahun, sedangkan kita
saat ini berada pada abad ke-12 hijriyah, yang bila ditambah 263 tahun,
berarti totalnya 1463 tahun. Dan menurut pendapat As-Suyuti yang
mengatakan, ‘Bahwa penangguhan umur umat islam tidak lebih dari 500
tahun setelah berlalu seribu tahun,’ berarti batas akhir eksistensi umat
Islam setelah melalui 1000 tahun, adalah 463 tahun. Kesimpulannya,
keluarnya Dajjal –semoga Allah melindungi kita darinya– adalah sebelum
abad ke-12 H ini berakhir!” (Risalah كم الباقي من عمر الدنيا hal 40.)
Jadi, ternyata atsar-atsar yang dijadikan pijakan oleh As-Suyuti
untuk menentukan batas umur umat Islam maksimal adalah 1500 tahun itu
memiliki kalkulasi yang berbeda. Sebabnya, 1500 tahun itu masih
dikurangi peristiwa-peristiwa berikut:
- Tempo 120 tahun setelah matahari terbit dari barat.
- Tempo 40 tahun dari keberadaan Isa Al-Masih setelah terbunuhnya Dajjal.
- Tempo 3 tahun ketika Isa menggantikan kepemimpinan seorang lelaki Bani Tamim.
- Tempo 100 tahun setelah semua orang beriman diwafatkan melalui berhembusnya angin baik.
Totalnya dari data di atas ialah 120 + 40 + 3 + 100 = 263 tahun.
Kesimpulannya, umur umat Islam harus berakhir setelah melalui (1500 –
263 =) 1237 tahun. Dengan kata lain, semua peristiwa besar tadi mestinya
telah muncul pada tahun 1237 H menurut kalkulasi As-Suyuti (yang
ternyata tidak terjadi)!
Dari sini saja terbukti betapa rancunya pendapat tersebut, apalagi
jika dilihat dari banyaknya tanda-tanda hari kiamat yang belum muncul,
seperti jazirah Arab kembali menghijau dan dialiri sungai-sungai. Ini
pun bukan sesuatu yang bersifat temporer, melainkan menjadi ciri dominan
bagi jazirah Arab. Dan kita lihat sampai sekarang hal itu belum
terwujud.
Demikian pula tentang kaya rayanya umat Islam sehingga seseorang tidak lagi mendapati orang yang mau menerima sedekahnya.
Demikian pula tentang kembalinya paganisme di jazirah Arab,
penyembahan terhadap berhala-berhala Latta dan ‘Uzza dan semisalnya yang
dahulu pernah disembah.
Demikian pula perang besar antara kaum muslimin dengan Yahudi hingga
orang-orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, lalu batu dan
pohon tersebut memanggil kaum muslimin, “Yaa Muslim (hai orang Islam)…
Yaa ‘Abdallaah (hai hamba Allah), ini ada orang Yahudi bersembunyi di
belakangku, kemari dan bunuhlah dia!” Dan panggilan ini (Yaa Muslim
ataupun Yaa ‘Abdallah) menunjukkan betapa Islam telah mewarnai kaum
muslimin, serta peribadatan kepada Allah semata (tauhid) juga telah
mendominasi kaum muslimin. Sebabnya, hakikat Islam adalah tauhid dan
panggilan tersebut adalah pengakuan atas keislaman kaum muslimin hari
itu.
(penjelasan Asy Syaikh Al ‘Allaamah Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin
ketika ditanya tentang bagaimana kaum muslimin dapat merebut kembali
Palestina dari tangan yahudi, dapat dilihat di: (كتب ورسائل الشيخ ابن
عثيمين )8/117).
Kalau kita lihat hari ini semua hal tersebut masih jauh dari
kenyataan mengingat syirik masih mendominasi umat yang mengaku muslim
hari ini. Entah perlu berapa lama lagi untuk mewujudkan Islam dan tauhid
yang sebenarnya di tengah-tengah umat.
Wallaahu a’lam.
Referensi:
• Shahih Bukhari.
• Kitab (الإفحام لمن زعم انقضاء عمر أمة الإسلام), Abdul Hamid Hindawi.
• Risalah (كم الباقي من عمر الدنيا؟) Ash Shan’ani.
• Fathul Baari, Ibnu Rojab Al Hambaly.
• Fathul Baari, Ibnu Hajar Al Asqalani.
• (كتب ورسائل الشيخ ابن عثيمين )8/117) Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
• Shahih Bukhari.
• Kitab (الإفحام لمن زعم انقضاء عمر أمة الإسلام), Abdul Hamid Hindawi.
• Risalah (كم الباقي من عمر الدنيا؟) Ash Shan’ani.
• Fathul Baari, Ibnu Rojab Al Hambaly.
• Fathul Baari, Ibnu Hajar Al Asqalani.
• (كتب ورسائل الشيخ ابن عثيمين )8/117) Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
*****
Sumber: bbg-alilmu.com
Subhanakallohumma wa bihamdihi,
Asyhadu an laa ilaaha illa anta, wa astaghfiruka wa atuubu ilaika
Wa akhiru da'wana, walhamdulillahirobbil 'alamiin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Bagi antum yang ingin memberikan komentar, harap tidak menyertakan gambar/foto makhluk hidup. Bila tetap menyertakan, posting komentar tidak akan saya tampilkan. Syukron !